TRANSLATE INGRIS+INDONESIA


Selamat datang di IPTEK Translator

IPTEK Translator adalah sistem penerjemah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya dengan menggunakan teknologi penerjemahan mesin berbasis statistik, yang lazim disebut dengan Statistical Machine Translation (SMT). Sistem ini merupakan salah satu hasil riset yang dilakukan oleh Balai IPTEKnet – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak beberapa tahun terakhir. Riset ini merupakan suatu kolaborasi dengan kelompok riset internasional untuk mengembangkan teknologi bahasa (teks dan suara) dalam skala besar di Asia. Kami mengharapkan pula sistem ini merupakan salah satu kegiatan yang memajukan Free Open Source Software (FOSS) di Indonesia.

Globalisasi menghendaki setiap individu untuk berkomunikasi dengan berbagai bahasa. SMT berbasis web mewakili perangkat yang dapat membantu komunikasi antar bahasa mana pun, kapan pun, dan siapa pun menuju masyarakat informasi Indonesia.

Sistem terjemahan dengan model statistik menggunakan korpus (kumpulan kalimat) monolingual dan bilingual untuk mengembangkan kemampuan penerjemahan. Korpus paralel adalah kumpulan padanan sebuah kalimat dalam dua bahasa yang memiliki kesamaan arti. Semakin banyak korpus maka akan semakin baik pula kemampuan IPTEK Translator. Untuk itu kami juga menyediakan wadah dalam web ini untuk mendapatkan kontribusi korpus dari anda. Akhir kata selamat mencoba menggunakan IPTEK Translator ini, semoga bermanfaat, dan silahkan sampaikan saran dan kritik anda melalui formulir yang telah kami sediakan.

Dr. Ir. Hammam Riza MSc, IPM
Kepala Balai IPTEKnet-BPPT
http://translator.iptek.net.id/

3 thoughts on “TRANSLATE INGRIS+INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s