CERITA TUJUH NEGERI (Basudara Gandong)


Di negeri Seti (Seram Barat) ada seorang Kapitan jang dikenal dengan gelar Solemata.
Ia mempunjai 7 orang anak :6 orang laki2 dan 1 orang perempuan.
Pada satu saat 3 orang anaknja berangkat mentjari tempat tinggal mereka jang baru, mereka bertiga memilih 3 buah negeri di pulau Ambon, jaitu: Tial, Tulehu dan Asilulu. Tak lama kemudian ke empat saudara jang lain itu ,memutuskan untuk berpindah dari negeri mereka ke tempat jang lain djuga. dari Seti mereka turun ke DIHIL, kemudian ke KUALA air Kaba. dari sana mereka menruskan perdjalanan ke Laimu. Mereka belum lagi merasa puas ,mereka masih ingin berpindah lebih jauh lagi mengarungi laut Lopas.
Oleh sebab itu mereka menjuruh saudara perempuan mereka jang bongso untuk tinggal sadja di Laimu.Setelah perdjandjian dibuat ,ketiga orang itu berangkat meninggalkan adik mereka dengan menumpang perahu kora2.
Dalam perdjalanan mereka terpaksa berpisah lagi, jaitu saudara laki2 jang bongso singgah di Sila (Nusalaut). kini hanja tinggal dua orang sadja.Mereka menruskan perdjalanan dan singgah sebentar di labuan Soino(Tounusa).Diwaktu mereka membuka perbakalan mereka untuk makan ,ternjata tinggal hanja 2 bungkus papeda,oleh sebab itu mereka memutuskan untuk tinggal di situ ,karena sudah tak ada perbakalan untuk melandjutkan perdjalanan selandjutnja.
Mereka diterima baik oleh radja ,dan anak buahnja di gunung,tetapi mereka tidak tinggal bersama2 di gunung .Untuk menegang nasib mereka ,tempat jang mereka diami itu diberi nama PAPEO atau PAPERU,jang artinja :PAPEDA..
Sedjak nama itu diberikan hingga kini Negeri kami biasa disebut Paperu, nantinja pada waktu diadakan Upatjara Adat Negeri barulah dipergunakan nama jang pertama diberikan ,jaitu : TOUNUSA.
kedua oran Kaka Beradik itu tidak tinggal bersama.Saudara jang sulung(Maelissa) tinggal di negeri dan jang lain memilih daerah sekitar Totu sampai Tiouw sekarang.tetapi berhubung keadaan tanahnja kurang baik, maka ia pindah ke HULALIU.
sampai disni dolo,

Trims Buat Gandong
Mr. Jacob Sahureka di Nederland
atas kiriman naskahnya sehingga bisa diterbitkan

ini Pesan Mr. J Sahureka buat basudara samua
satu : jang beta harap dari katong samua jaitu djangan lupa bahasa katong :
Tahu bahasa tahu bangsa(sedjarah), tahu bangsa tahu bahasa (sedjarah)
sekian sampai djumpa di lain waktu ,dimana tertulis di Namifroelietasa
amato!

Iklan

65 thoughts on “CERITA TUJUH NEGERI (Basudara Gandong)

  1. Koreksi, SETI berada di Seram Utara Bukan di Seram Barat.
    SETI jaman dulu berada di pegunungan Lube Dan Lumisa.Benar sekali SETI memiliki Kapitan SOLEMATA. Keturunan SETI tersebar mulai dari pantai Utara Seram,pantai Selatan Seram ( yg sampai saat ini masih memiliki bahasa yang sama dan marga yang sama ) dan juga keturunannya tersebar sampai Nusa Laut seperti cerita diatas. SETI sekarang sudah pindah ke pantai Utara Seram dengan 4 Dusun ( Mulumet,Nusa Botam,Seti Bakti,Iloana ) dan 1 Negeri induk yaitu SETI. Sekarang Raja SETI adalah Freddy Rudolf Efamutam. Trima kasih.

    Ita Yana Setua, Ita Pasti BISA

    Suka

  2. Ini cuma tuturan saja.. Tidak perlu dijadikan pegangan. Lagipula semua orang bisa “berdongeng” versi pribadinya. Orang Maluku cuma bisa kewel saja tentang “sejarahnya!” Tapi pembuktiannya cuma bersifat dongeng alias prasejarah.

    Suka

    • memang benar dengan banyak sejarah kita bisa menyaring dari berbagai pihak, tapi dengan adanya tutur kata ini saya yakin mempunyai tujuan yang baik.

      Suka

  3. Pantasan negeri Asilulu seng undang negeri TIOUW pada pelaksanaan “PANAS GANDONG” kemaren. Soalnya negeri TIOUW bukan bagian dari keluarga besarnya. Ini menunjukkan betapa munafiknya orang Asilulu selama ini! Kalo lupa saudara, nanti muntah darah! Seng tau malu..!!

    Suka

  4. Oooo…dari dulu saya (ambon makassar),suka bawa lagu “Soino” nya PAHAMA GROUP thn 80 an,saya cari2 tau dimana itu Soino,sampe sy kira ada di Jawa Barat (tempat group ini),ternyata 20 thn kemudian baru saya tahu SOINO itu nama pelabuhan di PAPERU…:ha ha ha ha…danke lai Bu…!!

    Suka

  5. beta minta maaf,
    beta putra asli Nusalaut, turunan MOLLE/PATTINASARANY
    beta cuma mau tau saja dari yang tutur sejarah ini, kalau satu orang yang turung d nusalaut itu dia nama sapa,
    deng yang lanjut itu dia nama sapa..???

    Suka

    • maaf beta cuman luruskan cerita dan brikan pandangan supaya sejarah yg ada di bumi maluku ini dapat terungkap dengan kebenaranx dan kelak menjadi suatu sejarah yg dapt berguna bgi generasi berikut mengenai pertanyaan bahwa yg singgah ke nusalaut tepatx di kampung yg bernama sila dia adalah S O U W I R A di turun dari sapalewa tinggal di MANEW dan kemudian pergi ke sila, kalauw menurut catatn sejarah yg ada di Hulaliu, itu cuman ad 5 gandong ( pela) ,
      ceritax seperti ini, LOHIA KAWIN DENGAN WALALUHUN TINGGAL DI SAPALEWA, KETURUNANX ADALAH .1 . LEWAKAI ( PAPERU) TINGGAL DI ABIO
      2. MARISINA (LAIMU) TETAP DI LAIMU
      3. LESTABU(TULEHU) TURUN KE WERINAMA
      4. SOWIRA(SILA) DI MANEW DAN
      5.LAIKARA (HULALIU )PERGI KE MANUSA DAN KEMUDIAN PINDAH KE ALAKA,
      mohon maaf dan kalau kita berbicara mengenai kapitan SOLEMATA itu sudah ada pemerintahan kolonial di tanah maluku, dan pd saat itu MOYANG MOYANG DARI KE 5 GANDONG SUDAH TERPENCAR (BERPINDAH) MENCARI DAERAH BARU UNTUK MENETAP YG DISEBAKAN OLEH BENCANA DI PUSAT NUNUSAKU , PERTIKAIAN ANTARA SUKU ALUNE DAN WAMALE YG MENYEBABKAN MENINGGALNYA PUTRI NUNUSAKU YG BERNAMA RAPIE HAE NUELE. Suatu catatan bahwa kapitan solemata atau dengan nm lain adalah kapitan sehi salewang adalah seorang patih besar dari nunusaku yg menjabat dikerajaan sahulau pada masa pemerintahan RATU. INA LATU KARANDENA Sejarah mencatat pd saman itu, kolonial belanda pada pemerintahan gubernur jan pieter zoon coen pernah mengadakan perjanjian antara kerajaan sahulau dan pemerintahan Belanda. Ok trimakasih itu aja yg bt luruskan mungkin dapat menjadi pandangan untk kajian sejarah ,DANKE

      Suka

      • semua carita….kewel.huruf apa …apa bahasa alifuru…atau nunusaku..atau bahasa hitu….katong samua tukang parlente….INAMUI…

        Suka

  6. kalau mau cerita ini lengkap dengan nama mulai istri sampai anak2 kapitan solemata bisa tanyakan ke orang Seti asli- just info ini marga/fam yang berasal dari Seti : Aitonam,Balkewam,Efamutam,Soaputty,Walaluhun,Siatam,Lubalohun,Titasam,Kipeleleway,Murfafam,Botam,Hunsam,Labalam, Kambali, dll. kebanyakan Marga Walaluhun yang turun menetap di sepanjang pantai selatan seram seperti desa Laha sarani,Dihil,Liliama,Laimu, Ulahahan,tehoru,Atiahu dll dan juga sampai ke seram timur. ( bahasa Seti di pergunakan oleh suku Seti, di Seram Utara dan Telutih Timur) dan orang Gorom seram timur adalah suku yang turun dari Seti dan berdiam di Seram Timur)

    Suka

  7. ini salah satu versi yg lain dr yg b tau.tp b hargai.bung bs sebutkan ana2 yg tujuh org ni nama sapa2? krn yg b tau ktg p gandong cm 5 ade kaka.dong p ortu nama lohia n walaluhun.tp dong dr manusa yg b tau…but thx atas infox bung.bs buat tambah wawasan

    Suka

  8. tp mmg di buku pela gandong menyebutx 7 bersaudara.tp b krg puas krn datax krg jelas. krn b mau hrs sebutx nama orgx…:)

    Suka

  9. kalo dong turun dari sapalewa memang batul karna beta anak sapalewa asli karna dong punk ortu lohia,… tamata lohia, nunue bale tolase tolase bale batu kurumese… !!

    Suka

  10. oia eeeee ternya akang pung sejarah bagitu eeeee bagus jua..par katong anak cucu dari paperu….hhehehehhehe salam kenal aja par basudara gandong

    Suka

  11. kalau tdk tau sejarahnya yg pasti jang cerita sabarang..sakang tete nene moyang putar mulu tu…biking carita sejarah tambah kacau saja……

    Suka

  12. saudaraku kalau tutur cerita asal usul gandong itu, cerita yg benar saja, apa lagi sampai posting ke wab, cerita ini ale dpt dari mana ? Jang carita raih raih or karangan sendiri. Untuk saudara ketahui Kalau cerita tentang kapitan solemata atau kapitan sehi salewang solemata, itu kapitang besar di kerajaan sahulau kapitan ini adalah pendamping ina latu karandena ratu kerajaan sahulau, pada saat ratu karandena memerintah di sahulau, itu hindia belanda sudah ada di maluku, sementara , perpindahan penduduk dari seram ke pulau pulau lain yg ada di maluku sudah berlangsung ratusan tahun sebelumnya, bagaima saudara dapat menjelaskan bahwa 7 gandong itu anak kapitan solemata, menurut cerita sejarah dan catatan yg ada di negeri hulaliu hanya ada 5 gandong dan ke 5 gandong ini berasal dari perkawinan antara kapitan lohia dengan walalaluhun yg tinggal di sapalewa, anaknya antara lain,
    1 lewakai ( paperu) tinggal di abio dan kemudian ke pulau saparua
    2 marisinal (laimu) tetap di laimu.
    3 lestabu (tulehu) turun ke werinama kemudian berpindah k pulau ambon
    4 souwira (sila) dimanew kemudian ke pulau nusalaut
    5 laikara (hulaliu) pergi ke manusa ke mudian menetap di alaka dan turun ke hulaliu. Ok itu saja untuk saudara ketahui dan mungkin dpt menjadi pedoman untuk meluruskan sejarah.

    Suka

    • tahun berapa…kerajaan Nunusaku..atau Sahulau..?ada yg bilang jaman belanda
      artinya harus ada tertulis di buku belanda..ada yg bilang ribuan tahun..ada yg bilang jutaan tahun…pusing bila dengar carita kemongrang.yg dari Hulaliu bilang laing…dari Nusalaut bilang laing…dari Laimu Bilang laing…mana yg benar?Bu dan Nyong tolong duduk bersama…katong dari Lehitu.apa sing dimasukan…?klu sejarah Maluku..Hitu dan Hila ada tertulis…walaupun sebelum Belanda ….ada yg bilang Nunusaku..Sahulauw…tahun berapa ….ada jaman belanda…tahun berapa kerajaan nunusaku dan Sahulauw itu…ingat harus ada bukti2 peninggalan,,,,adakah bukti agar kelak anak cucu katong jgn carita palente…atau kabualang…saperti Nabi Nuh dari Pulau seram…

      Suka

  13. salam lahane…..atmin poe carita cukup menarik masih banyak kekurangan dan perlu di tambahkan from haturessy kabaressy (tulehu) anau pee lahane…..?

    Suka

  14. Akang pun carita banyak versi, coba kalau ale dong samua dudu satu meja lalu carita akang terus ada yang tulis, kemudia dicari persamaannya, dianalisis sesuai dengan fakta sejarah pasti akang pung hasil bagus. Salam for gandong deng basodara samua. Salam Adik gandong dari Laimu.

    Suka

    • Memang kalu gadji sejarah datuk2/awliya harus duduk bersama sama.
      Insha Allah satu waktu kita semua duduk bersama2. Dan keramat Upu Solehmata ada di negri Haturessi Tulehu.

      Suka

  15. klo dari leihitu , asilulu tuh jatuh par marga apa? knp tar singgah di kmpung mamala, wakal atau Seith , coba di telusuri ……………..BICARA SEJARH TUH HARUS KOMPERHENSIF

    Suka

  16. IyOo,,, sudara eee,, kLu mw crita tuch hrs jelas,,, jelas fakta n kteraNgan’X..
    Jng br’belit+ g’nie,, cozx bisa+ ktg smua serta ana cucu dong buta sejarah,,, jd, sbelum edarkan crita tuch sdara hrs teLiti akng bae+ doLo,, jgn smpe akng jd prdebataN(adu muLut) yg ujung+x akng mngakibatkan koNfLik …
    Ap’Lgi ini kan shu d pubLic
    #trima ksih ats wkt’X….

    Dicky wattiheLuw umarella…
    Putra tuLehu n eL’hauw
    sLenger boyS

    Suka

  17. carita so tatutup banya, saparu malu buat ana cucu dan basudara dong ator bae2 supaya tidak ada yang kecewa…akang turun2 dapa ana cucu yang mendewakan rasio akhirnya dong bilang cuma dongeng….akal sehat(rasio) itu tiada punya belas kasih buat kebetulan atau yang ajaib(mukjizat,karama), bagi yang beragama adalah munafik mendustakan mukjizat/karama.

    aslinya sejarah yang sudah ada sebelum datang orang eropa itu terbungkus dengan malu dan takut, akhirnya jadilah orang2 perkasa dalam carita padahal lemah dan sebaliknya, yang rendah jadi tinggi dan sebaliknya(bukan dalam kasta, tapi jasa), yang jelas jadi kabur bahkan sengaja dihilangkan. seperti orang hitu di atas yang besar mulut

    coba lagi teliti, seperti orang islam dolo punya tradisi kalo ada saudaranya yang murtad “pindah agama, maka dihapus dalam sisilah”, walau turunan mereka masih di anggap saudarah dara. sedangkan sarani karena dong saudara islam biking bagitu trus dong iko2 kas batul lae, malu kucing sampe ratusan taong. karena kampong tetangga ada panas pela dong(salam) baru inga dong pela gandong(sarani) baru baku undang deng sejarah yang su ilang2 supaya orang dong bilang ale maluku sejati. alasan2 bgitu yang biking sejarah kabur.

    tau bahasa tau sejarah. bahasa biking katong mengerti isi arti kapata lani. seperti… Upu wakai surinaya hai Uli solemata…wakai itu menunjuk tempat, kalian masuk k ambon tinggal di eri wakan, tempat pindahan orang dari nusa wakang . wakano, wakan, latu wakan, wakahuni, wakasihu, dan kata2 waka/wakai itu smua kata punya kaitan dengan orang2 nusa wakang banda. tapi karena tutup aib dan saparu karena takut malu kepada ana cucu karena pernah bantu belanda bantai saudaranya sendiri (masa pieter coen) dong kemudian hilangkan atau dibuat samar. mangaku dari sahulau la, nunusaku la…sampe sejarah migrasi ana cucu nusa wakan dan keberadaan nusa wakan ini hilang.amatoo

    Suka

    • Batul sodara, dari samua carita Nunusaku yg В̍ҙτ̲̅a̲̅ baca terjawab sudah bahwa sejarah Maluku sudah banyak di putar bale oleh kolonial. Mkin kapata2 yg masih ª∂a dan yg tertulis perlu di kaji ulang, siapa tahu itu akal2an kolonial supaya sejarah Maluku ƻƍ di ketahui oleh anak cucu….

      Suka

  18. sangat menarik apa yang disampaikan basudara samua. mudah-mudahan forum ini menjadi wadah yang sangat berguna untuk menyatukan sudut pandang yang berbeda-beda.

    Suka

  19. Untuk kamong samua tahu bahwa Solemata itu bukan Kapitan yg berasal dari mana2. Tp Solemata itu adalah ULI yg di daulat dari Kerajaan Tanah Hitu. Uli Solemata itu terdiri dari 3 negri yaitu Tial, Tulehu dan Suli. Yang terbukti pake nama Solemata sampai saat ini hanyalah Tial tdk ada yg lain.

    Suka

    • Kalau seperti anda cerita yang Solemata hanya satu Uli yang terdiri dari 3 negri Tial, Tengah2 dan Tulehu dan nama Solemata akan cuman didpakai sampai sekarang di negri Tial. Kenapa Upu Solemata punya keramat ada di negri Tulehu?? Bisa tolong kasih keterangan. terima kasih.

      Suka

  20. heeeee ma ambell dong samua kioooo,, deng kalo seng tau sejarah deng cuma dengar sapanggal” jan batulis sabarang. kal boleh moyang” 7 gandong mau datang laalu caka bunuh dong samua……….. upu ina eee mae ale pamata mansia” ti’ e aaaa

    Suka

  21. klo menurt bt pung analisa sebenarnya katong samua ini satu itu jua,krn masing” pung versi carita beda” sa, coba samua dudu bae” lalu samu carita dari awal sampe akhir pasti ujung” nya samua ni satu, satu untuk Maluku khususnya masyarakat ambon maluku tengah

    Suka

  22. d katong negeri Mamala sana bt pernah dengar carita seperti ini lae,jd bt mohon vo samua basudara jang cuman krn carita seperti ini lalu lain bilang dong pung sejarah yg batul, padahal samua itu sama saja, katong tercipta dari satu sejarah untuk satu ya itu Ambon, jadi katong samua pung asal usul tu hanya 1 yg bilang negeri gandong itu ada 7 ada versi lain yg bilang 5 ……jd bt sebagai anak cucu Maluku bt hanya mengingatkan vo basudara samua sebenarnya katong ini samua satu,
    makasih banyak untuk samua basudara yg ada d Ambon dan pulau pulau lease…..

    Suka

  23. beta anak cucu dari paperu.mohon maaf for basudara .yg edar carita sejarah pela gandong dar paperu.kllu bunk dong carita sejarah..
    beta mau bilabg kalalu carita di atas akang sug batul kh balong.jang carita tambah kalimat.for biking acor ktong pung bahumgan pela gandong.mohon maaf beta bukan ahlih sejarah.bukan ahli kapala adat.tapi beta org biasa…
    kllu bung mau carita sejarah pelah gandong jang lewat web.krna carita akang terbawa2 kllu ada kalimat yg salah.pastih carita suh z batul.istilahnya batu badong……
    kllu bung mw carita selediki dulu dgn basudara gandong dg pelah.jang raih sandiri.kllu cuma carita dgn samapagal.sajah stop akang…
    jg for biking malalu for katong anak cucu…

    maaf basudara. kalu ada kata yg salah beta minta maaf.karena beta ana cucu.beta inggin tau sebenarnya dari carita yang ada.biar sejarah niih katong bole tau dan jaga humbugan tali pelah degan gandong…

    Suka

  24. Bt anak negri NUSALAUT,,Putra LESINUSA (HATALEPU), Jdi kmong jg baku mlawang yg zg masuk” akal tllu ,,,,,,,,,!!!

    Suka

  25. sapa yang bilang asilulu munafik, itu panas gandong, nanti juga akan di adakan panas pela, katong pung parao belang nama assilulu tiouw, setiap pertandingan katong pake nama itu

    Suka

  26. sebenarnya mana yang par batul, kalo kamong seng akui assilulu deng tial, terserah kamong saja, ingatang, waktu panas gandong tahun 2008 di assilulu tu, raja paperu ada maninggal tu karna apa, ingat jang sampe salah2 bicara sudara

    Suka

    • Adi gandonge.e.e kk minta maaf klu soal raja paperu meninggal itu akang zg tamasu kaluar dng acara panas gandong.jadi klu mau kasi nai carita di wab adi konfir bai2 dlo. Jang marah kk. Kk cuma mau bilang apa yg basudara dong carita itu samua batul……??? Tapi setau kk samua salah. Klu mau batul ktong duduk samua sama2 llu katong samua buka sejara.mohon maaf klu kk ada yg bicara salah. B MatitaLESSI Putra TOUNUSA Kaka yg sulung.

      Suka

  27. Sodara jang asal bicara
    cuma gara-gara tahta banyak yang sambunyi sejara
    kalauw sambunyi sejara nanti dapa bahala/kualat
    …..
    Btta dari ASSILULU
    marga KALAUW/UPU LATU KAIRUPA

    Suka

  28. terasa sekali banyak bagian sejarah kita yg hilang… seandainya ada peninggalan catatan/prasasti mungkin benang kusut sejarah ini bisa di urai dng priode waktu yg msk akal… kita tau bhw jazirah pulau2 maluku sejak jaman purba telah d jelajahi manusia bahkan mungkin sdh ada yg menetap (pertemuan/campuran 3 ras manusia). bahkan jauh sebelum jaman hindu/budah dll.. mungkin saja ada catatan sejarah keturunan org maluku khusus mlk tengah yg pernah tercatat, & jmn yg paling pas ntk mengurai adlh pada saat sumpah palapa & setelah itu baru jm msk agama islam, portugis-blanda ….
    mari kita saling membantu ntk mengali sejarah kita dng bertanggungjawap & dengan rasa saling mengasihi ….(beta deng ale satu gandong)

    Suka

  29. Om tapi saya masih penasaran sama sejarahnya 7 negri. terutama cerita adik perempuan yang tinggal di desa laimu itu,bagaimana. Kalo bisa dilanjutin lagi ceritanya.penasaran banget…saya cucu cicit orang laimu,walaupun saya tidak tinggal menetap di laimu tapi saya masih penasaran sama sejarah nya.

    Suka

    • Intinya itu mari katong tujuh2 tu duduk lalu cari tau sejarah biar sejarah itu terkuak, kaka2 dong seng malu kalo tetangga2 dengar katong basudara bakumalawang? bakumalawang bagini sampe katong pung anak cucu ada lai jua akang tetap sama saja macam bagini (bakumalawang) Ingatang ketika zaman makin modern, kitika itu pula dunia makin hancur. Mari katong duduk la bahas akang biar nantinya katong pung anak cucu dengan bangganya saling menyapa.
      Maaf jika ade paleng bongso menggurui kaka2 sayang dong samua.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s