AMBON CITY OF MUSIC


Mungkin bagi yang baru mengunjungi  Maluku khususnya kota ambon, maka ada sebuah kata yang tertulis dengan besar di tepi Pantai setelah dari bandara Internasional Pattimura dengan tulisan “Ambon City Of Music” kata ini semacam jargon yang dibuat untuk menguatkan bahwa memang benar banyak sekali pemusik yang ada di Maluku. Sebagai orang Maluku sudah pasti tidak akan pernah membantah atau menafikan bahwa banyak talenta yang punya bakat menyanyi , sejak kecil  mereka sudah diajarkan dan didengarkan lagu lagu yang mempunyai ciri dan kekhasan tersendiri, baik itu ketika menjadi paduan suara di tempat ibadahnya, kelompok, atau disekolah.

ambon

Dari kebanyakan pemusik dalam hal ini penyanyi di Maluku mempunyai  suara yang khas dan bagus, dan lagu yang biasanya booming atau terkenal  di Maluku sudah pasti akan di mainkan disemua tempat, sebagai contoh apabila ada sebuah lagu yang bagus dan enak didengar, dengan sendirinya akan disukai oleh semua kalangan, CD atau kasetnya akan laris terjual, maka jangan heran kalau berkunjung  ke ambon kita akan disuguhkan dengan lagu-lagu yang  hampir sama diseluruh tempat,  mobil (oto), pasar, toko, mall atau dirumah rumah. Karena memang lagu itu lagi booming. Dan ini tidak kita dapatkan didaerah atau tempat lain kecuali di Maluku, tapi lagu-lagu ini juga mempunyai masa kadaluarsa yang hanya bisa dinikmati dijamannya,  mungkin ini juga berlaku dengan lagu-lagu Indonesia pada umumnya.

Pemilihan atau genre lagu yang umum dan paling banyak disukai adalah lagu lagu yang berirama mellow, atau lagu yang bisa membuat orang bergoyang , dimana irama  dan tempo lagunya  cepat, karena music dengan irama ini banyak dimainkan atau diputar sebagai lagu pengiring orang berjoget,   dan biasanya lagunya bertema dan menceritakan tentang cinta.

Yang menarik dari semua ini adalah kebanyakan orang Maluku ambon pasti senang dengan namanya music, maka tidak salah kalau mempunyai taqline “Ambon City Of Music” mudah-mudahan kedepan banyak penyanyi dari Maluku muncul di pentas nasional.
kalau penasaran dengan uraian ini dan ingin mendengarkan gimana lagunya silahkan  cek di youtube dengan keyword “lagu Ambon”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s