Erick Thohir (MAHAKA, REPUBLIKA, TV0ne, VivaNews, NBA Philadelphia 76ers Club, DC United)


Erick Thohir, Mahaka, Republika, TvOne, NBA Philadelphia 76ers, DC United,

Erick Thohir, Mahaka, Republika, TvOne, NBA Philadelphia 76ers, DC United,

Erick Thohir (lahir di Jakarta, Indonesia, 30 Mei 1970; umur 42 tahun) adalah seorang pengusaha asal Indonesia dan merupakan salah satu pendiri Mahaka Media. Ayahnya adalah Teddy Thohir, co-pemilik dari grup otomotif Astra International dengan William Soeryadjaya, Saudaranya, Boy Thohir, adalah seorang bankir investasi, ia juga memiliki saudara perempuan, Rika. Thohir yang turut  membantu Thohir dalam mengurusi bisnis keluarga.

Thohir menerima gelar master pada tahun 1993 di Amerika Serikat. Setelah kembali ke Indonesia bersama dengan Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana dan R. Harry Zulnardy ia membentuk Grup Mahaka

Erick lahir dari keluarga yang berapresiasi tinggi akan media islami. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama Harian Republika dan perusahaannya sendiri, Mahaka Media. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur VIVA, Beyond Media perusahaan  Anindya Bakrie pemilik Stasiun televisi tvOne and antv  Selain fokus di dunia media, Erick juga berfokus pada olahraga yang digemarinya, yaitu bola basket. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum PERBASI periode 2006-2010 dan menjabat sebagai Presiden SEABA selama dua kali, yaitu periode 2006-2010 dan 2010-2014.

Tak hanya dunia media dan bola basket yang ditekuninya, ia juga menjadi penulis bukunya yang berjudul Pers Indonesia di Mata Saya yang diluncurkan tahun 2011.

Pada tahun 2001, kelompok Mahaka membeli koran Republika , yang lagi menghadapi kebangkrutan. oleh  Karena latar belakang Erick Thohir dalam komunikasi, maka ia dipilih untuk memimpin media surat kabar tersebut, berpengalaman dengan dunia surat kabar, Thohir mendapat dukungan dari ayahnya, serta pendiri Kompas Jakob Oetama dan pendiri Jawa  Pos Dahlan Iskan, Kelompok Mahaka kemudian mengakuisisi surat kabar yang khusus mengulas tentang china, yaitu surat kabar harian Sin Chew Indonesia, yang merupakan asosiasi dari harian surat kabar Sin Chew china.

Sebuah laporan pada tahun 2009 di Jakarta Globe mencatat bahwa kepemilikan perusahaan Thorir mencakup semua lini mulai dari life style ,majalah olahraga, Orang tua Indonesia, dan Golf Digest, koran Harian Sin Chew Indonesia dan Republika , stasiun televisi JakTV , stasiun radio GEN 98,7 FM, Prambors FM , Delta FM , dan Radio Female, tidak hanya dalam media surat kabr tapi merambah media iklan, tiket, hiburan dan situs Web. Ia juga merupakan pendiri dari dua badan amal , yang  berorientasi dalam bidang pendidikan, yaitu  Darma Bakti Mahaka Foundation dan Dompet Dhuafa Republika.

yang paling heboh dia juga orang asia pertama yang membeli klub Bola Basket NBA di Amerika bersama Jason Leiven pada tahun 2011, Setelah beberapa bulan perundingan  yang alot beberapa hari setelah Liga Basket  All-Star NBA 2011– dia bersama mantan agen Basket Jason Levien,  Joshua Harris, Thohir menjadi bagian dari konsorsium yang membeli Philadelphia 76ers , sebuah Tim Bola Basket  NBA , diantara para konsorsium juga termasuk aktor Will Smith , istrinya Jada Pinkett Smit.. itulah  makanyaThohir adalah orang Asia pertama yang memiliki Club Bola Basket NBA di Amerika.

Thohir ia juga pernah menjadi presiden dari Asia Tenggara Basketball Association sampai dengan tahun 2006, presiden Indonesia Basketball Association (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia). [Dia juga pemilik tim basket Satria Muda Britama Jakarta dan Indonesia Warriors.

Yang paling membanggakan lagi Pada tahun 2012 ini, Thohir dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas atas Major League Soccer klub (MLS Liga) DC United .dan dia juga menjadi orang pertama asia yang membeli sebuah club di Amerika. Menurut kabar terbaru dia juga siap membangun Stadion untuk DC United, Penantian sepanjang satu dekade akan selesai dalam mendapatkan stadiun baru,  selama ini DC united belum mempunyai Stadiun Sendiri mereka hanya Menyewa RFK Stadium yang telah berusia 51 tahun milik pemerintah kota. Padahal peserta MLS liga sebanyak 19 Tim sudah memiliki Stadiun Sendiri.

Berikut data pribadi :

Nama              : Erick Thohir

Lahir                            : Mei 1070

Kebangsaan : Indonesia

Pekerjaan      : Pengusaha

Agama                       : Islam

berita lain tentang Erick Thohir

1. Andrie Wongso.com

2. Jurnalis TV

3. SWA.co.id

29 thoughts on “Erick Thohir (MAHAKA, REPUBLIKA, TV0ne, VivaNews, NBA Philadelphia 76ers Club, DC United)

  1. masih muda, kaya raya, pintar, jenius berdedikasi tinggi, profesional,
    indonesia patut bangga dengan beliau ( eric thohir ),
    knp bang eric gak mencalonkan ketua umum PSSI sj biar sepak bola indonesia bisa maju,,
    dan saya doakan semoga klup raksasa sepak bola spanyol barcelona bisa kebeli oleh bang eric,,
    amiiinnnnnnnnn………..!!!!!!!!!

    Suka

    • bisa habis disedot uangnya sama cecungu2 kl jadi ketua PSSI…mending dia beli klub yg profesional aja sekalian…berasa imbal baliknya…

      Suka

  2. orang sukses selalu bisa melihat peluang sekecil apapun dan langsung beraksi menjadi sebuah kenyataan, ini yg membedakan dgn org kebanyakan..

    Suka

    • mudah2an bukan uang pinjaman…karena kalau sampai macet.. bisa berabe..bikin malu bangsa Indonesia…apalagi kalau sampai jadi dan inter terdegradasi..bisa dimusuhi org Italia

      Suka

    • semoga benar2 niat membangun Inter dan bukan cuma memanfaatkan Inter. memiliki klub di Eropa itu berat & bukan rahasia lagi ekspektasi sama tekanan yg diterima klub yg dibeli investor asing itu tinggi untuk berprestasi (ex:Chelsea, M.City, PSG, dll)

      Suka

  3. Ok selamat ya buat Bung Erick Thohir semoga tambah sukses! Amiin dan mudah-mudahan bisa mampir ke tempat saya di SMK Insan Teknologi Cibubur Jakarta Timur, untuk menularkan ilmu-ilmu kewirausahaannya kepada siswa-siswa/i kami. God Bless You!.

    Suka

  4. ahli dalam dunia bisnis dan basket tapi untuk sepakbola masih diragukan. apalagi klub DC United miliknya malah terpuruk sehingga wajar jika ada masyarakat yg masih ragu dengannya jika benar2 membeli Inter.

    Suka

    • di stadion DC united sudah ada musholanya, hal yang tak lazim di USA untuk mengakomodasi pesepakbola muslim yang ingin melaksanakan sholat, mungkin nanti di stadion giuseppe meazza yang jadi markas intermilan bisa di perlakukan yang sama untuk mengakomodasi kiper inter milan samir hadanovic pemain muslim intermilan ato pemain tim tamu yang muslim untuk melaksanakan sholat. bravo erick thohir. dan siapa tau beliau bisa membangun masjid pertama di kota milan ….

      Suka

  5. hebat,.buat anak bangsa..(erik thohir)
    banyak harapan jika inter jadi di beli bpk erik thohir, karna ada harapan sepakbola indonesia akan menjadi lebih berkembang dengan ada nya pemein-pemain berbakat indonesia bisa bermain di inter.,
    kalo bisa kompetisi kelas umur inter yang bermain adalah pemain indonesia satu team (primavera)
    semoga sukses

    Suka

  6. Membaca jejak langkah yang dimiliki bang erick, mengagumkan!!kita bangga anak bangsa Indonesia yang berani ambil resiko di industri sepakbola, Inter sdh punya nama, selamat dan sukses bang erick!!jangan lupa gali potensi dan bakat anak Indoneaia di inter ya

    Suka

Tinggalkan komentar