Kasus Percobaan Penipuan Berkedok Keluarga Yang Sakit Kritis


Sekarang ini banyak cara dan upaya untuk bisa meraup untung dengan sebanyak-banyaknya walaupun dengan cara-cara yang tidak baik, oleh Karen itu kita sudah seharusnya hati-hati, berikut ini ada beberapa kejadian atau kasus yang dapat kita ambil hikmahnya

Cerita Pertama

Kejadian Aneh
Kejadian ini baru saja dialami orang tua saya. Rumah orang tua saya yang di
kampung, tiba-tiba mendapatkan telepon dari seseorang yang mengaku bernama
Guntur Hidayat dengan jabatan Kasatlantas Jakarta dan diterima oleh ibu
kandung saya. Si orang ini “memberitahukan” kepada ibu saya bahwa saya
sedang kritis kecelakaan lalu lintas, mau dioperasi dan sedang dirawat
dirumah sakit Cipto di ruang UGD dengan no telp. 021-329262144. Dengan
suara gemetar dan badan lemas, ibu saya kemudian diminta untuk segera
menguhubungi kerabat terdekat saya di jakarta, meminta no.telp mereka,
meminta alamat tempat tinggal saya, meminta no hape saya, dsb. Kemudian si
orang ini memberikan no telpnya 021-33014320, jikalau ibu saya memerlukan
informasi tambahan.

Namun untunglah, sebelum ibu saya memberikan informasi ini, adik saya
segera mengambil inisiatif untuk menghubungi lewat hp saya. Tentu saja saya
kaget mendengarnya, coz saya sedang dikantor dan bekerja seperti biasa.
Sesaat setelah itu, si orang ini kemudian menelpon ibu saya lagi untuk
memastikan apakah ibu saya sudah memberikan kabar “berita” nya ini ke
kerabat yang di Jakarta dan dijawab oleh adik saya : “Sudah Pak, saya sudah
menghubungi kakak saya dan kakak saya sehat wal afiat”, dan tiba-tiba
terdengar gagang telp ditutup.

Sesaat setelah tersadar ini penipuan, maka ibu saya merasa lega dan no.telp
tersebut kedua-duanya tidak bisa saya hubungi alias wrong number. Saya
curiga mungkin si orang ini minta ditransfer sejumlah uang untuk “biaya
pengobatan” saya. Akhirnya ibu saya terselamatkan dari upaya penipuan dengan
modus seperti ini.

So…. bila ada kejadian serupa harap ttm berhati-hati dan tetap tenang.
Jangan lupa untuk menghubungi keluarga kita atau kerabat yang telah kita
kenal baik untuk meminta konfirmasi.

Semoga ini jadi pengalaman berharga.

Terima Kasih

Cerita Kedua


Siang hari, ibu saya menerima telp dari seseorang yang mengaku pihak rumah
sakit (saya lupa apa namanya) yang pasti org tsb menginformasikan bahwa Ayah
saya mengalami kecelakaan yang membuat Alm Ayah saya skarat dan terbaring
koma.
Ibu saya bukannya shock tapi justru kaget (saat itu kurang lebih 2 thn Alm
Ayah saya sudah meninggal), tapi beliau mencoba mencari info lain dengan
b’tanya tau no. telp ini dari siapa, orang itu sih bilang bahwa Alm Ayah
saya yang memberikan info tersebut.

Aneh banget.. koq bisa orang yang sudah meninggal memberikan info segala
macem dengan orang tsb, Ibu saya pura2 nangis dan memanggil saya … dan
menyuruh saya pura2 untuk menangis mendengar berita itu. Orang itu mngkn
merasa b’hasil … seketika itu ibu saya lsg bilang … ” Pak kalo mau nipu
jangan pake nama orang yang sudah meninggal … !!! ” lsg aja telp itu
ditutup …

kami sekeluarga … tertawa geli banget … tapi sedikit sedih juga karena
menyangkut Alm Ayah.
Satu hal juga yang menjadi pelajaran supaya saya lebih b’hati-hati, hal
seperti ini akan t’jadi lagi jika menggunakan nama Adik saya yg secara
otomatis mjd kepala keluarga dirumah sejak Alm ayah meninggal. Saya hanya
khawatir jika Ibu saya lagi menerima telp seperti ini.

Jadi .. jangan lsg percaya, hub orang yang mjd pokok p’bahasan. Jika tidak
mau t’tipu.
Tetap waspada ya … GBU


One thought on “Kasus Percobaan Penipuan Berkedok Keluarga Yang Sakit Kritis

  1. Keluarga saya juga nyaris terkena. Untung orang tua saya tidak jantungan.
    Penipuan terbaru yang saya alami adalah memberi uang muka pembelian rumah atau tanah. mereka mengaku telah mentransfer DP tersebut dan minta di cek. ujung ujungnya malah duit kita yang ditransfer. Saya nyaris tertipu karena mereka mengaku sebagai Haji Anwar dan akan membeli tanah untuk panti asuhan. Caranya juga sama. No Hp mereka adalah : 081543157565 dan mengaku bernama Gunawan 08128839171. Bicaranya halus sekali dan menggunakan ayat ayat Al Quran.

    Jawaban

    Masih banyak lagi cara-cara yang digunakan untuk mengelabui setiap mangsa, bagi penipu adalah banyak jalan menuju roma.heheh.

    Suka

Tinggalkan Balasan

