PENIPU DAN PEMBOHONGGG 2


tepat pada minggu tanggal 31 mei 2008, saya lagi nyantai depan tv pas sekitar jam 3 sore, ada berita telusur dari salah satu stasiun TV. yang isinya ternyata untuk mendapatkan sebotol besar gas elpiji, harus antri dan stoknya terbatas. menurut yang buat gas bahwa kilang gas (dimana tuh kurang jelas) lagi error, yang menjadi saya terkejut bukan karena langkahnya yang namanya gas tapi ternyata isi dari setiap botol yang berisi 12 gk itu dikurangi isinya. alamak !!!! alangkah terkejut dengan berita seperti itu, apakah ini benar-benar terjadi. angin gas bisa dikurangi.

Untuk bisa mengurangi isi botol kita tinggal menuangkannya atau dicampur dengan cairan lain, tapi yang menjadi aneh bagi saya itu adalah : “kok angin gas bisa dikurangi dipindah dari tabung ke tabung”, berarti masyarakat kita sekarang ini sudah pada pintar alias jenius sekali. pertanyaannya apakah kepintaran untuk menguntungkan diri sendiri termasuk sebuah usaha untuk bisa bertahan dijaman yang serba susah ini?. pertanyaan ini bisa dijawab tergantung situasi dan kondisi ataupun sebaliknya.

untuk itu sebagai orang yang lihat acaranya juga saya berkewajiban untuk memintarkan diri saya sendiri, syukur-2 orang lain yaitu dengan cara teliti sebelum membeli. ini kata-kata klasik dalam bisnis tukar menukar barang. untuk kita lebih hati-hati agar terhindar dari kata-kata orang Betawi “Enak di Loe ngak Enak di Gua”

Pertama :
itunglah berat tabung + berat gas ditabung maka jumlahnya berapa
contoh : tabung gas 12 kg biasanya tabung kosongnya 15.1 Kg. berarti kalau dijumlah 15.1+12=27.1 kg. kurang dari itu mikir sendiri
Kedua :
teliti segel (warna, kasar/apa halus, ada tulisan ngak) bandingkan dengan sebelum-sebulumnya.
Ketiga :
Biasakan menanyakan berat seluruh tabung bila perlu langsung di timbang jangan malu bertanya “Malu bertanya jalan-jalan dijalan”

mudah-mudahan kita juga bisa pintar agar jangan mudah-mudah dibingungkannnn.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s